SINTA yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun ternyata belum mengizinkan dosen untuk membuat akun sekaligus. Di saat yang sama, masih sedikit dosen yang menerbitkan jurnal melalui SINTA.

 

Meskipun tidak disukai di database lain, terutama di jurnal internasional seperti portal Scopus atau Garuda. Namun, SINTA merupakan portal penerbitan penting yang perlu diprioritaskan.

 

Berikut alasan-alasan yang menjelaskan pentingnya dosen menerbitkan jurnal SINTA yang wajib diketahui tentunya:

 

1. Database periodik yang diakui secara nasional

 

Pertanyaan pertama bagaimana membuat akun SINTA adalah mengapa dosen perlu mempublikasikan jurnalnya ke dalam SINTA karena di sini adalah database atau pusat data jurnal nasional yang terakreditasi atau diakui. Semua jurnal nasional terakreditasi ARJUNA akan diikutsertakan di sini.

 

Sehingga dosen yang ingin menerbitkan dapat menemukan jurnal-jurnal potensial berkualitas tinggi yang dapat secara otomatis masuk ke pusat data atau database SINTA. Selain itu, SINTA juga banyak dikunjungi para pencari referensi. Jurnal memiliki peluang yang meningkat untuk dikutip.

Baca Juga : Cara Upload Jurnal Di Sinta

2. Terhubung dengan banyak portal jurnal lainnya

 

SINTA menyediakan kemampuan untuk terhubung langsung ke akun database lain. Sebut saja Google Scholar, dan juga populer sebagai portal pencarian referensi ilmiah.

 

Akun tertaut ini memungkinkan semua publikasi instruktur sebelumnya untuk dimasukkan ke dalam basis data SINTA juga. Dengan cara ini membantu siapa pun menemukan publikasi dari portal lain. Hal ini dapat meningkatkan angka sitasi dan memperkuat brand akademik dosen.

 

3. Berkontribusi dalam penyediaan referensi jurnal nasional

 

Pentingnya dosen dalam menerbitkan jurnal SINTA edisi selanjutnya adalah mampu memberikan referensi berupa jurnal nasional yang diakui. Karena dengan menerbitkan jurnal ke SINTA, otomatis masuk ke database SINTA.

 

Kunjungi SINTA sesering mungkin untuk referensi yang lebih beragam dan referensi lainnya. Hal ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk datang ke Cinda dengan tujuan yang sama.

 

Hal ini akan terus mendorong pertumbuhan jumlah SINTA dan publikasinya. Sebagai situs web yang dikelola langsung oleh Kementerian, SITA tidak diragukan lagi merupakan tujuan yang tepercaya.

 

4. Berpartisipasi dalam memajukan pengembangan akademisi

 

Terbitnya jurnal SINTA akan mendorong pertumbuhan civitas akademika di tanah air. Karena lebih banyak hasil penelitian dan pengabdian akan dipublikasikan di sini. Maka siapapun yang membutuhkan referensi dapat mengaksesnya.

 

Tidak hanya jumlahnya yang akan bertambah, kualitas jurnal akan terus meningkat. Secara bertahap menjadikan SITA sebagai database jurnal berkualitas nasional, menyediakan segala informasi terkini perkembangan civitas akademika di Indonesia.

 

5. Nyaman untuk memeriksa jumlah referensi

 

SINTA juga dirancang untuk menunjukkan jumlah sitasi pada jurnal yang diindeksnya. Oleh karena itu, penting bagi dosen yang memublikasikan di jurnal SINTA untuk dapat melihat seberapa banyak sitasi yang mereka miliki di jurnal tersebut.

 

Dosen dapat dengan mudah melihat jumlah sitasi jurnal nasional yang diterbitkan di SINTA. Jika angkanya tinggi, maka akan memberikan motivasi agar bisa bekerja lagi dan lagi di masa mendatang.

 

Jika sitasi tetap rendah, dosen akan lebih kreatif dalam mempromosikan jurnalnya ke publik. Misalnya, ia mulai aktif memperkenalkan jurnalnya, berbagai seminar, dll kepada mahasiswa.

 

6. Memenuhi persyaratan program akademik Kementerian Sains dan Teknologi

 

Memiliki akun SINTA dan menerbitkan jurnal di sana dapat membantu dosen memenuhi persyaratan program akademik Departemen Riset dan Teknologi. Misalnya, ketika dana penelitian disediakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

 

Instruktur yang mengirimkan proposal harus menyertakan SINTA ID. Padahal, Kemenristek mewajibkan dosen yang bisa menerima dana untuk membuka rekening di SINTA.

 

Jadi kalau dosen aktif dan diposting di SINTA. Peluang untuk memilih melalui berbagai program bidang Ristek akan semakin besar. Ini tentu bisa menjadi nilai tambah bagi resume instruktur.

 

7. Mendukung branding akademik

 

Alasan terakhir yang penting bagi dosen untuk menerbitkan jurnal SINTA adalah untuk mendukung brand akademik dosen. Karena SINTA membuat dosen semakin dikenal lewat karya-karyanya yang dipublikasikan.

 

Dengan demikian, semakin banyak karya seorang dosen dipublikasikan, maka semakin sering pula disitasi. Nama dosen semakin dikenal, memperbesar peluang memperoleh akses ke banyak kesempatan akademik. Jadi, buat akun dengan SINTA hari ini dan coba terbitkan Jurnal Nasional di dalamnya.

 

Singkatnya, tidak ada salahnya dosen menerbitkan jurnal SINTA. Karena banyak manfaat dan manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukannya. Terutama bagi dosen yang bertujuan untuk mempublikasikan di jurnal nasional.

By roket