19/04/2021

Blog Riview

Blog Riview

Penyebab Munculnya Komedo yang Harus Anda Pahami

Penyebab Munculnya Komedo yang Harus Anda Pahami

Komedo adalah bagian dari masalah pada kulit terutama wajah yang paling banyak menyerang terutama pada wanita yang sedang masuk masa masa pubertas.

Komedo dan Jerawat sebenarnya hampir sama saja, namun komedo sendiri lebih tidak terlalu tampak dimana letaknya berada dibawah kulit, sedangkan jerawat bisa nongol di bagian permukaan kulit.

Namun baik komedo dan jerawat ini sama sama meninggalkan bekas pada kulit seperti berkas hitam atau coklat. Kalau tidak di atasi maka akan semakin banyak dan tentu saja akan membuat kalian kurang percaya diri.

Sedangkan komedo sendiri yang paling umum jenisnya adalah komedo putih, dimana kalian bisa terhindar dan tanpa harus berusaha mencari cara menghilangkan komedo putih ini dengan memperhatikan penyebanya.

Apa itu Komedo ?

Kulit manusia ditutupi dengan pori-pori dalam jumlah besar. Dari pori pori itu, kelenjar kulit akan bertugas melembabkan dan melindungi permukaan tubuh. Namun terkadang pori-pori tersumbat oleh kulit mati, kotoran dan debu, dan bagian atasnya tersumbat oleh kotoran.

Nah kondisi ini terkadang akan membuat komedo muncul pada bagian wajah, seperti pipi, hidung, kemudian punggung dan daerah lainnya.

Penyebab Munculnya Komedo

Nah sekarang kita bahas apa saja penyebab komedo ini muncul, dimana ini akan memberikan anda pengetahuan dalam mengambil tindakan pencegahan lebih dini.

  1. Perubahan Hormon

Pada masa remaja, pada masa haid, kehamilan atau menopause, peradangan pada kulit bisa dipicu oleh kerja hormon yang berubah atau naik dan turun maka ini bisa menimbulkan munculnya komedo.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

Jika Anda kembali setelah seharian bekerja dan belum mandi, semua debu jalanan yang diangkat oleh mobil kemudian motor akan tetap ada di wajah Anda.

Maka dari itu, tetap jaga kebersihan dan kesehatan kulit supaya terhindar dari komedo.

  1. Terlau Sering Mencuci Muka dengan Sabun

Ya, ini juga berbahaya. Jika Anda mencuci muka dengan sabun beberapa kali sehari, kemudian ditambah dengan tonik dan lotion beberapa kali lagi, dan terakhir dikasi juga alkohol untuk desinfeksi atau apalah namanya maka ini sangat bahaya bagi kesehatan kulit anda.

Kami sarankan jangan berlebihan kecuali memang dibawah pantauan dokter. Kondisi ini akan membuat lapisan kulit anda cepat rusak, dan tentu saja bukan hanya komedo namun tekstur kulit anda akan menjadi sangat tipis dan muncul ruam kemerahan.

  1. Sering Menyentuh Kulit

Sentuh wajah Anda sesedikit mungkin dan hanya dengan tangan yang bersih. Jika hidung Anda gatal, ambillah tisu, terutama jika Anda berpegangan pada rel kereta, kemudian naik motor tanpa sarung tangan, intinya selepas memegang benda kotor maka jangan langsung sentuh kulit anda sebelum mencuci tangan dengan sabun sampai bersih.

  1. Efek Minyak Rambut

Kemudian minyak rambut juga bisa menjadi penyebab komedo muncul terutama bagi pria. Anda seharian kerja panas panasan kemudian minyak rambut akan encer dan jatuh deh tuh ke bagian dahi, kemudian terkena oleh debu dan kotoran.

Kalau tidak anda bersihkan cepat, maka ini akan membuat bukan hanya komedo yang muncul namun jerawat juga akan muncul.