Di dalam bidang percetakan selain sablon, terdapat dua teknik cetak lainnya yang biasa digunakan di dalam industri percetakan itu. Yaitu cetak offset atau offset printing dan cetak digital offset atau digital printing. Berikut ini akan dibahas perbedaan keduanya, pada digital printing terdekat.

Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

Inilah perbedaan diantara digital printing dan offset printing yang perlu Anda ketahui, untuk digital printing terdekat.

  1. Digital Printing

Digital printing merupakan sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital, umumnya berupa file dan bisa langsung dicetak pada media dengan cara yang lebih cepat. Ini adalah sebuah hasil dari inovasi perkembangan metode percetakan konvensional kemunculannya akibat dari kemajuan teknologi dunia yang sudah masuk era digital, digital printing terdekat.

Teknik ini memiliki biaya produksi yang cukup tinggi per satuannya dibanding dengan metode cetak yang konvensional seperti sablon atau offset. Keunggulan dari teknik ini tidak memerlukan proses pracetak seperti pada pembuatan movie, offset, ataupun sablon.

Proses yang dilalui pada Teknik ini cukup singkat sehingga lebih banyak digunakan untuk percetakan skala kecil karena bisa di cetak dalam jumlah yang kecil atau bahkan satuan. Untuk jenis tinta yang digunakan biasanya menggunakan tinta pasta, atau tinta toner, dengan cara dikeringkan atau dipanaskan. Perbedaan dalam penggunaan tinta tersebut akan menghasilkan hasil yang berbeda pada kertas.

 

  1. Offset Printing

Offset printing adalah suatu teknik percetakan yang biasa digunakan dengan metode memindahkan materi yang ingin dicetak dari sebuah plat ke lapisan karet, kemudian ke atas permukaan bahan. Proses Ini Membutuhkan tinta basah yang kemudian dikeringkan setelah proses percetakan selesai.

Metode ini biasanya digunakan untuk mencetak skala besar. Jenis percetakan ini cukup ekonomis, memiliki kualitas yang tinggi, dan konsistensi yang baik terutama untuk mencetak pada skala besar.

Itulah perbedaan dari digital printing dan offset printing yang penting untuk diketahui. Anda bisa mendapatkan produk tersebut di digital printing terdekat, dan Anda bisa lebih banyak mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya dengan mengunjungi link https://cetakanku.com/.