Pertamina RU VI Balongan membuka pendaftaran pelatihan kerja safetyman untuk warga Indramayu. Pendaftaran Pelatihan safetyman ini ditutup tanggal 20 November 2021.

Program pelatihan ini merupakan usaha PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan untuk tingkatkan kapasitas masyarakat, serta wujud tanggung jawab perusahaan di bidang pemberdayaan yakni pelatihan safetyman. Program ini bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) lewat UPTD Balai Latihan dan Kerja (BLK) Indramayu.

Petugas Safetyman sedang memeriksa scaffolding supaya cocok standar keamanan sementara digunakan untuk bekerja di ketinggian .

Area Manager Comm, Rel dan CSR PT KPI RU VI Balongan, Imam Rismanto menjelaskan, pelatihan ini diperuntukan bagi pemuda-pemudi penduduk desa di kira-kira wilayah PT KPI RU VI Balongan yang berminat untuk ikuti pelatihan safetyman.

“Kita inginnya kedepannya mereka mempunyai skill atau kebolehan yang tidak hanya dibutuhkan di RU VI namun terhitung di indrustri (pada) kebanyakan di Indramayu dan sekitarnya,” tutur Iman, ditemui di ruang kerjanya.

Untuk kuota pesertanya sendiri, Imam menjelaskan hanya dibatasi 100 orang, yang dibagi dalam dua gelombang. Sedangkan untuk pelaksanaannya, pada Desember mendatang. Namun, kata Imam, karena antusias penduduk Indramayu yang besar, supaya pendaftarnya sementara ini membludak hingga 200 orang lebih.

“Semoga mereka mampu jadi tenaga kerja yang profesional dalam bidang safety, terus mampu upgrading. Upgrading berarti upgrading mandiri, yakni mereka mampu dibutuhkan oleh seluruh sektor industri,” harapnya.

Di hari yang sama, Kepala UPTD BLK Disnaker Indramayu, Asep Kurniawan mengatakan, pelatihan berikut merupakan peluang peluang paling baik untuk warga penduduk yang tersedia di Kecamatan Balongan dan sekitarnya. Karena tenaga safetyman memerlukan skill yang profesional, dan sudi tidak sudi kudu lewat tahapan bimbingan atau pelatihan.

“Teknis pelatihannya, tersedia materi yang dirilis standart khusus Pertamina sendiri, karena kaitannya di ruang lingkup memproses Migas. Mereka mempunyai standar khusus keselamatan sendiri tidak seperti umumnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, safetyman merupakan petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang turut menolong proses pengawasan kerja di lapangan dalam sebuah perusahaan yang menyelenggarakan pekerjaan dengan menggunakan Fill Rite Flow Meter.

Asep berharap, dengan pelatihan safetyman yang diselenggarakan PT KPI RU VI Balongan tersebut, kebutuhan tenaga kerja mampu terjawab dan terpenuhi.

By toha