Ini adalah tren yang telah terjadi di sejumlah apotek saat ini. Apotek online semakin populer karena berbagai alasan, termasuk memudahkan konsumen untuk menerima obat yang mereka butuhkan dan memfasilitasi perluasan bisnis apotek. Mungkin akan sulit bagi konsumen untuk menemukan obat yang mereka butuhkan. Untuk menemukan obat yang direkomendasikan oleh dokter mereka, mereka harus pergi dari toko obat ke apotek untuk mencarinya. Itu banyak pekerjaan, dan itu membutuhkan banyak energi.

Apa yang Diharapkan dari Apotek Online

Sebagai hasil dari sistem apotek online saat ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan obat yang mereka butuhkan. Ketika mereka perlu mengetahui apakah obat tersedia, mereka dapat menghubungi apotek yang menawarkan sistem pembelian online dan menanyakan tentang pengiriman.

Dengan memperluas basis pelanggan mereka, apoteker dapat menghasilkan lebih banyak uang. Hasilnya, konsumen dan apotek sama-sama dapat memperoleh manfaat dari sistem apotek online ini.

Aneka obat-obatan dapat dijual melalui apotek online. Apotik online terlengkap biasanya menyediakan ragam obat yang lebih banyak daripada apotik toko fisik. Hal ini karena mereka tidak perlu menyediakan ruangan khusus untuk proses jual beli, cukup gudang obat saja dan mereka dapat menjual berbagai jenis obat.

Masalah yang mungkin timbul dari penggunaan apotek online

Tidak semudah itu, tentu saja. Jika tidak dipikirkan secara matang, ada beberapa hal yang bisa menjadi masalah. Sebagai contoh, saat ini banyak sekali orang yang menjual obat secara online tanpa pengawasan apoteker yang mempunyai izin resmi berupa SIPA/STRA.

Bahkan resep untuk obat keras yang kuat bisa menjadi masalah jika sistem online digunakan untuk memverifikasi kebenarannya. Secara alami, apotek online tidak dapat menghilangkan kebutuhan akan resep untuk distribusi luas obat resep saja.

Sebelum sistem apotek online ini dapat digunakan untuk menjual obat keras secara online, harus ada mekanisme pengawasan yang solid. Harus ada cara bagi orang yang ingin menerima obat keras yang hanya dapat diakses dengan resep dokter melalui apotek internet.

Sebagai catatan tambahan, tidak semua pemilik apotek daring adalah apotek resmi yang memiliki lisensi untuk menawarkan obat-obatan. Pengedar obat keras secara online dapat menggunakan sistem untuk menjual obat keras karena mereka hanya tertarik untuk menghasilkan uang.

Mencegah penjualan obat-obatan farmasi secara gratis melalui internet memerlukan keterlibatan instansi pemerintah dan badan pengawas lainnya.

By mirfan