Resep Soto Betawi Ala Yummy Sederhana Enak | Chef Whenie Beckham

Pada dasarnya hampir seluruh daerah di indonesia mempunya soto yang khas dari daerahnya masing masing. Ada yang memiliki kuah kuning, ada yang memiliki kuah kental dan bahkan ada yang memiliki kuah bening serta ada juga kuah soto khas daerah di nusantara yang dicampuri dengan sambal kacang. Jika anda ingin memakan hidangan soto khas daerah tertentu tapi malas untuk mencari warung makan soto daerah tersebut dan juga khawatir akan rasanya, anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Pada dasarnya bahan bahan untuk membuat soto bukanlah bahan makanan yang sulit didapatkan dan juga proses membuatnya pun bisa dibilang gampang gampang susah. Salah satu sajian soto khas nusantara adalah soto khas betawi. Soto khas betawi ini merupakan masakan soto dengan kuah yang kental merupakan perpaduan antara santan dan juga susu yang menimbulkan rasa yang khas dari soto khas betawi ini.

Biasanya soto betawi ini tidak menggunakan daging ayam melainkan menggunakan daging sapi. Selain itu, yang membuat soto betawi ini khas adalah topingnya yang menggunakan emping. Berikut ini ada pilihan dari aplikasi resep masakan dan cara memasak soto khas betawi.

1. Bahan bahan untuk membuat soto betawi:

·         Daging sapi sebanyak 500 gr, potong daging sapi dengan bentuk dadu

·         Lengkuas, Kemudian digeprek hingga pipih

·         Kayu manis sebanyak satu ruas jari

·         Daun salam sebanyak 2 lembar

·         Cengkeh sebanyak 3 butir

·         Serai sebanyak 1 batang, kemudian digeprek hingga pipih

·         Santan sebanyak 750 ml

·         Susu cair sebanyak 250 ml

·         Bawang merah sebanyak 8 siung

·         Bawang putih sebanyak 5 siung

·         Jahe sebanyak 1 buku

·         Kemiri sebanyak 2 butir

·         Jintan sebanyak 1/4 sdt

·         Ketumbar yang sudah disangrai sebanyak 1/2 sdm

·         Garam dan gula secukupnya

·         Sambal

·         Daun bawang

·         Tomat

·         Bawang goreng

·         Emping

·         Kentang Goreng

 

2. Cara membuat Soto Betawi

·         Untuk tahapan pertama, rebuslah daging sapi yang sudah dipotong dengan bentuk dadu, jika sudah cukup matang sisihkan terlebih dahulu.

·         Kemudian tumislah bumbu halus berupa Bawang merah sebanyak 8 siung, Bawang putih sebanyak 5 siung, Jahe sebanyak 1 buku, Kemiri sebanyak 2 butir, Jintan sebanyak 1/4 sdt, Ketumbar yang sudah disangrai sebanyak 1/2 sdm, Garam dan gula secukupnya bersama dengan cengkeh, daun salam, kayu manis dan juga serai yang sudah digeprek hingga pipih ditumis hingga mengeleuarkan aroma yang harum. Setelah harum masukan daging sapi yang sudah dipotong dengan bentuk dadu, aduk terus menerus hingga merata.

·         Setelah itu masukan santan, masaklah santan hingga santannya mendidih. Aduk santan sekali sekali supaya santan tidak pecah.

·         Setelah santan masak, masukan susu kemudian beri gula dan garam. Kemudian cicipi masakan tersebut, jika ada rasa yang kurang pas, tambahkan gula dan garam hingga rasanya pas. Masak terus hingga bumbu meresap kedalam daging dan daging menjadi empuk.

·         Sajikan soto betawi selagi hangat dalam sebuah mangkuk. Sebelum itu masukan bahan pelengkap seperti daun bawang sesuai selera, masukan tomat sesuai selera dan juga masukan tomat sesuai selera. Kemudian tambahkan kuah dan daging dari soto betawi. Tambahkan sambal sesuai selera masing masing, kentang goreng dan juga bawang goreng sesuai selera masing masing.

·         Soto betawi siap disantap bersama keluarga. Sangat dianjurkan untuk menyantap soto betawi selagi hangat agar rasanya lebih terasa nikmat.

By roket