26/07/2021

Blog Riview

Blog Riview

Resep Herbal Diabetes Dengan Biji Alpukat

biji alpukat untuk resep herbal diabetes

Resep herbal diabetes adalah solusi alternatif untuk membantu Anda menjaga kadar gula darah supaya tetap normal dan stabil. Ini menjadi sangat penting untuk penderita diabetes yang kerap mengalami fluktuasi kadar gula darah. Termasuk pemanfaatan biji alpukat untuk diabetes sebagaimana telah diulas dalam deherba.com.

Mengapa Biji Alpukat Baik Untuk Diabetes?

Biji dari buah alpukat atau lebih dikenal secara ilmiah dengan nama Persea americana tanpa banyak diketahui sudah lazim dimanfaatan sebagai bahan pengobatan tradisional. Tidak hanya buahnya rupanya yang bermanfaat, rupanya biji alpukat pun memiliki sejumlah khasiat.

Secara tradisional, biji buah alpukat sendiri telah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan sejumlah penyakit. Seperti sebut saja diare, disentri, parasit usus, kesehatan lambung, sakit gigi, hingga perawatan kulit dan kecantikan.

Dan belakangan kemudian dikenal bahwa biji alpukat sendiri memiliki khasiat sebagai anti diabetes. Biji alpukat diyakini dapat mengendalikan kadar gula darah sehingga cocok dijadikan bahan untuk resep herbal diabetes.

Pandangan ini berangkat dari sejumlah riset yang mengupas khasiat biji alpukat. Riset ini mengupas bagaimana peran biji alpukat untuk pengobatan diabetes.Dan bagaimana pengaruh pemberian biji alpukat pada kadar gula darah.

Uji Klinis Manfaat Biji Alpukat Untuk Diabetes

Salah satu jurnal yang mengulas mendetail mengenai manfaat biji alpukat untuk resep herbal diabetes merupakan Greener Journal of Medical Sciences tahun 2012. Riset ini menggunakan sampel tikus untuk menemukan bagaimana efeknya terhadap tikus yang telah dikondisikan menderita diabetes.

Riset dilakukan dengan melakukan uji klinis terhadap ekstraksi biji alpukat. Ekstraksi diberikan pada sampel tikus yang telah dikondisikan mengidap diabetes. Pemberikan ekstraksi selama 2 minggu dan  minggu menunjukan adanya perkembangan positif pada sampel.

Kadar gula darah yang sebelumnya tinggi tampak menurun dan stabil. Setelahnya, sampel dibiarkan tidak lagi mengonsumsi ekstraksi biji alpukat selama 1 minggu. Dan pada masa ini sampel kembali menunjukan kadar gula yang tinggi.

Kandungan 70 jenis antioksidan dalam biji alpukat, dilengkapi dengan serat yang tinggi menjadi alasan mengapa biji alpukat baik untuk diabetes. Ini bermanfaat meningkatkan aktivitas pankreas dalam memproduksi insulin. Membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin dengan mendorong metabolisme tubuh. Selain itu, kadar serat di dalamnya juga akan bekerja efektif menurunkan penyerapan tubuh terhadap gula.

Resep Herbal Diabetes Dengan Biji Alpukat

Untuk mendapatkan manfaat biji alpukat untuk diabetes, berikut adalah resep herbal diabetes yang bias Anda buat sendiri di rumah. Cara ini terbilang mudah dan sederhana, sehingga dapat Anda kerjakan secara cepat di rumah Anda.

Yang Anda butuhkan adalah biji alpukat 1 buah. Biji alpukat Anda bakar pada api kecil sampai tampak layu dan terpanggang sedikit. Potong biji alpukat menjadi kecil kecil dan masak dalam rebusan air. Rebus sampai air mendidih dan air tampak berwarna coklat. Matikan api dan dinginkan.

Anda juga bisa membuat ramuan ini dengan cara mengiris biji alpukat tipis tipis. Menjemurnya di bawah sinar matahari yang terik kemudian mensangrainya. Ketika dibutuhkan, rebus irisan biji alpukat ini dalam air secukupnya sampai air berwarna coklat.

Setelah air suam suam kuku, saring dan minuam resep herbal diabetes ini setidaknya 2 sampai 3 kali sehari. Konsumsi tepat pada ½ jam sebelum Anda makan. Lakukan dengan rutin, bila hasil pemeriksaan kadar gula mulai stabil dan normal, sebaiknya kurang kekerapan minum air rebusan resep herbal diabetes ini menjadi sehari sekali. Tentu saja sembari mengendalikan pola makan.