Asuransi memang memberikan layanan dan perlindungan yang bermanfaat bagi tertanggung, namun tidak bisa dipungkiri juga kalau terdapat resiko asuransi pendidikan. Beberapa manfaat dan layanan asuransi sesuai jenis produk asuransi yang telah dipilih adalah ketika memilihi asuransi jiwa maka layanan yang diberikan bisa berupa uang santunan ketika tertanggung meninggal dunia atau cacat total, ketika memilih asuransi kesehatan maka akan mendapat biaya perawatan dari uang pertanggungan jika tertanggung mengalami gangguan kesehatan, ketika memilih asuransi kendaraan maka akan mendapat biaya perbaikan jika terjadi kerusakan pada kendaraan, dan masih banyak jenis dan manfaat asuransi yang lainya.

Resiko asuransi pendidikan konvensional

Asuransi pendidikan memang bisa menjamin biaya pendidikan anak ketika orang tua yang menafkahinya sudah tidak bisa memberikan nafkah, dengan memiliki asuransi pendidikan tertanggung juga bisa menghindar dari inflasi biaya pendidikan. namun, meskipun mempunyai banyak manfaat tetap saja terdapat resiko asuransi pendidikan sebagaimana yang disebutkan berikut:

1.       Dana bisa hangus

Resiko asuransi pendidikan yang pertama adalah dana yang telah dibayarkan bisa saja hangus. Hal ini terjadi ketika seseorang tidak membayarkan premi sesuai waktu yang telah ditentukan, jika itu terjadi maka perjanjian yang telah di lakukan dalam polis akan terputus dikarenakan hal tersebut.

2.       Memiliki unsur gharar

Gharar adalah transaksi jual beli yang dimana produknya tidak terlihat/tidak pasti. Dalam ajaran islam sistem transaksi yang memiliki unsur gharar hukumnya haram. namun, jika pembaca masih berniat untuk memiliki asuransi pendidikan maka penulis merekomondasikan asuransi pendidikan yang jenis syariah. Asuransi jenis ini mengelola dana asuransi dengan memenuhi syariat islam dengan sistem ta’awun dan akad.

3.       Memiliki unsur riba

Riba adalah salah satu bentuk transaksi yang juga diharamkan dalam ajaran islam. Unsur riba dalam asuransi pendidikan konvensional (umum) ditemukan dalam pengelolaan dana yang memiliki bungah. Sama halnya dengan poin yang kedua jika tetap berniat memiliki asuransi pendidikan dan ingin menghindar dari riba maka alternative pilihannya adalah asuransi pendidikan syariah.

Begitulah resiko-resiko asuransi pendidikan. sebagai orang tua kita akan menginginkan hal yang terbaik buat hati kita, jadi jangan sampai salah memilih. Sekian dari penulis, semoga bermanfaat.

Microsoft Online

By roket