25/10/2020

Blog Riview

Blog Riview

Review Mazda CX 30 Indonesia

Mazda CX 30 merupakan keluaran terbaru dari PT EMI (Eurokars Motor Indonesia). Maksud dari dikeluarkannya Mazda CX-30 di Indonesia adalah sebagai pengisi kekosongan antara Mazda CX-3 dan juga Mazda CX-5. Dimana kedua mobil tersebut merupakan mobil dengan Model SUV di Indonesia, namun yang menjadikan Mazda CX-30 lebih istimewa adalah Mazda CX-30 merupakan mobil model SUV yang lebih lengkap dibanding keduannya ini. Selain itu peluncuran dari Mazda CX-30 ini juga karena melihat potensi minat dari mobil model SUV yang masih besar dan malah semakin tinggi di Indonesia ini. 


Mazda CX 30 ini memiliki target konsumen kepada para pria yang masih lajang atau baru memulai kehidupan baru dengan menikah. Mobil ini baru saja diluncurkan pada akhir tahun 2019 kemarin yang kabarnya akan memakai nama Mazda CX-4 namun akhirnya hal tersebut tidak jadi dan tetap memakai nama Mazda CX-30. Alasan tidak memakai nama MAzda CX-4 adalah karena nama ini sudah dipakai untuk pasar China, dan karena desain dari Mazda CX-4 dan Mazda CX-5 ini hampir sama dan untuk menghindari kebingungan dari konsumen tersebut maka dipilihlah nama Mazda CX-30. Nah lalu teknologi apa saja sih yang menjadi keunggulan dari Mazda CX-30 ini? simak ulasan saya di bawah ini. 


Sejak pertama kali dikenalkan di tahun 2010 lalu, produk Mazda ini selalu tampil dengan karakter yang sangat kuat sehingga menjadikan tampilan dari mobil Mazda CX-30 memiliki desain yang elegan dan berani dengan Gril yang besar serta dipadukan dengan lis Silver di bagian bawah yang menyambung sampai lampu utama. Dengan desain elegan dan fungsional dari lampu utama pada Mazda CX-30 ini menggunakan teknologi Projector pada lampu LED mobil sehingga membuat visibilitas anda dalam berkendara menjadi lebih baik saat malam hari. 


Nah dari sektor samping Mazda CX-30 ini menampilkan kesan SUV yang sangat kental dengan dimensi compact yang lebih berani serta aura coupe pilar D yang tidak terlalu lebar dan berlekuk dengan dimensi 4.500 mm dan memiliki ketinggian yang hanya 1.500 mm. Dengan ukuran tersebut pastinya akan membuat Mazda CX-30 menjadi lebih compact.


Sementara pada bagian dalam desain dashboard dari Mazda CX-30 ini hampir sama dengan Mazda 3. Walaupun begitu terdapat perbedaan di bagian atas yang ditambahi bantalan coklat yang menyambung sampai door trim pintu depan dengan layar unit head sebesar 8.8 inci menambahkan kesan futuristik di Mazda CX-30 ini.


Untuk menambah kesan sporty setir yang digunakan adalah setir palang 3 berkelir lis silver di bagian palang bawah. Sementara pada palang bagian kanan dan kiri terdapat banyak tombol dengan fungsi masing-masing yang berbeda. Pada bagian jok Mazda CX-30 ini mampu menampung sampai 5 orang penumpang dengan desain jok yang mewah warna putih.


Mazda CX-30 ini memiliki fitur i-Activ AWD yang berguna untuk mendeteksi beban vertikal di masing-masing roda dari Mazda CX-30 ini. Hal ini bertujuan untuk mengatur distribusi torsi antara roda depan dan belakang.

Hal ini akan menghasilkan cengkraman ban yang lebih baik sehingga membuat anda semakin senang dalam mengendari Mazda CX-30 ini. Selain itu Mazda CX-30 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur G-vectoring Control Plus yang bertujuan untuk membuat laju berkendara menjadi lebih mulus dan juga guna efisiensi konsumsi bahan bakar.