Satu Viral – Apple Inc. adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional yang didirikan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Pada awalnya, perusahaan ini didirikan untuk memproduksi komputer pribadi yang disebut Apple I. Pada tahun 1980-an, Apple memperkenalkan produk-produk seperti Macintosh dan Macintosh Office, yang menjadi dasar dari ekosistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan sampai sekarang.

 

Pada tahun 1990-an, perusahaan ini mengalami masalah keuangan dan manajemen, yang menyebabkan Steve Jobs keluar dari perusahaan pada tahun 1985. Namun, pada tahun 1997, Jobs kembali ke Apple sebagai CEO, dan memulai transformasi perusahaan dengan mengubah fokus dari produk komputer ke produk-produk perangkat lunak dan perangkat keras consumer, seperti iPod, iPhone, dan iPad.

 

Pada tahun 2007, Apple merilis iPhone, yang mengubah industri telepon seluler dan menjadikan Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ini juga merilis layanan streaming musik dan video, iTunes dan Apple Music, serta Apple Pay, layanan pembayaran mobile.

 

Pada tahun 2011, Steve Jobs meninggal dunia, namun perusahaan terus berkembang dengan mengeluarkan produk-produk baru seperti Apple Watch dan HomePod. Pada saat ini, Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, dengan pendapatan tahunan yang sangat besar dan jumlah karyawan yang sangat banyak.

 

Selanjutnya, pada tahun 2016, Apple meluncurkan AirPods, yang menjadi salah satu produk wireless earbuds terpopuler di pasaran. Pada tahun yang sama, perusahaan ini juga meluncurkan layanan berlangganan seperti Apple News+ dan Apple Arcade. Pada tahun 2017, Apple mengeluarkan iPhone X, yang merupakan perangkat pertama dengan layar tanpa bezel dan sensor sidik jari yang diintegrasikan ke layar.

 

Di tahun 2018, Apple mengeluarkan iPhone XS, XS Max dan XR yang memperkenalkan teknologi dual sim. Pada tahun 2019, Apple meluncurkan iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max, yang memperkenalkan kamera triple lens dan Night mode. Pada tahun 2020, Apple meluncurkan iPhone SE (2020) yang merupakan ponsel dengan harga terjangkau namun spesifikasi yang mumpuni, serta iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max yang dilengkapi dengan teknologi 5G.

 

Pada tahun 2020, Apple juga meluncurkan iPad Pro dengan chip A12Z yang mampu menjalankan aplikasi pro seperti Photoshop dan Lightroom, serta Apple Silicon yang merupakan chip prosesor khusus yang digunakan di Macbook dan iMac. Pada tahun 2021, Apple meluncurkan iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max yang dilengkapi dengan teknologi ProMotion 120Hz, Face ID yang lebih cepat dan kamera yang lebih baik.

 

Saat ini, Apple terus mengembangkan dan mengeluarkan produk-produk baru yang inovatif serta meningkatkan layanan yang sudah ada. Perusahaan ini juga terus meningkatkan kualitas produk dan layanannya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya.

By roket