29/07/2021

Blog Riview

Blog Riview

SMART Inbound Marketing yang harus anda ketahui

inbound marketing

Tujuan Inbound Marketing SMART

Anda tidak ingin membuat tujuan abstrak seperti “Dapatkan lebih banyak uang tahun ini” atau “Jual lebih banyak produk”. Sebaliknya, Anda perlu membuat sasaran SMART.

SMART adalah singkatan dari spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu. Mari selami apa arti masing-masing dari ini, karena penting saat menetapkan tujuan Anda untuk mengetahui dengan tepat bagaimana Anda dapat mencapainya.

– Spesifik

Anda ingin mengetahui siapa, apa, kapan, di mana, dan bagaimana dalam hal ini. Siapa di perusahaan yang akan bertanggung jawab untuk ini? Seseorang atau tim atau departemen tertentu?

Secara spesifik, apa tujuannya? Lebih detail, lebih baik. Kapan Anda ingin ini diselesaikan? Di mana, jika di mana saja, Anda perlu pergi untuk mencapai ini? Bagaimana Anda berencana mencapainya?

– Terukur

Apa sebenarnya yang Anda capai dengan menetapkan tujuan seperti “menjual lebih banyak produk?” Berapa banyak lagi produk yang harus Anda jual agar Anda merasa telah mencapai tujuan Anda?

Satu produk lagi? Itu secara teknis mencapai tujuan Anda, tetapi apakah Anda benar-benar merasa berhasil dalam bisnis Anda jika Anda menjual hanya satu produk lebih banyak dari sebelumnya?

Inilah mengapa Anda ingin membuat tujuan yang terukur. Taruh beberapa nomor di sana. Jual X lebih banyak produk. Hasilkan pendapatan $ X. Kembangkan basis pelanggan Anda sebesar X%.

Ini adalah tujuan nyata yang sebenarnya memiliki tujuan tertentu yang terlihat. Jadi, Anda tidak hanya mencoba “menjual lebih banyak” tanpa tujuan. Sebaliknya, Anda tahu persis berapa banyak yang ingin Anda jual.

Misalnya, anda ingin mendapatkan ranking website masuk ke halaman 1 Google, maka anda bisa mencapainya dengan mendapatkan backlink dari Jasa Backlink Murah dari Agency SEO terdekat.

– Bisa dicapai

Jika Anda menghasilkan $ 100.000 dalam pendapatan tahun lalu, Anda tidak dapat secara wajar mengatakan Anda menginginkan satu juta dolar tahun dalam bisnis Anda pada tahun berikutnya. Ini tidak realistis atau dapat dicapai. Tentu, jika Anda menggunakan Shark Tank atau produk Anda menjadi viral di media sosial, sangat mungkin Anda bisa meroket hingga satu juta dolar setahun.

Tapi itu tidak realistis atau bisa dicapai oleh kebanyakan orang. Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang telah Anda capai di masa lalu, pikirkan tentang apa yang secara khusus perlu Anda lakukan untuk mencapai lebih banyak, dan tetapkan tujuan yang dapat dicapai.

Anda masih dapat meraih surga dengan mencoba menggandakan pendapatan Anda jika Anda tahu bahwa Anda memiliki beberapa produk atau layanan baru yang akan segera diluncurkan atau Anda memiliki beberapa strategi pemasaran atau kampanye baru yang menarik, tetapi jangan melampaui batas.

– Relevan

Pastikan sasaran Anda relevan dengan sasaran dan sasaran bisnis Anda secara keseluruhan. Jika bisnis Anda adalah B2B, tetapi Anda membuat sasaran untuk memasarkan produk kepada konsumen, sasaran tersebut mungkin tidak sepenuhnya relevan atau tidak masuk akal untuk bisnis Anda.

Selain itu, jika tujuan Anda adalah untuk melipatgandakan pendapatan, tetapi Anda tidak memiliki rencana atau kemampuan untuk menggandakan tim Anda untuk mengganti bandwidth ekstra, tujuan tersebut tidak terlalu relevan dengan status atau tujuan bisnis Anda saat ini.

Untuk teman-teman yang ingin belajar bagaimana cara melakukan riset keyword, sehingga bisa membuat konten yang relevan, silahkan belajar di SEOPlatinum.

– Tepat waktu

Beri diri Anda tenggat waktu. Kapan tujuan ini jatuh tempo? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya? Apa kerangka waktu yang masuk akal untuk diharapkan mencapainya?

Pada akhirnya, Anda akan memiliki tujuan yang masuk akal untuk bisnis Anda dan memiliki spesifikasi penyelesaian serta keberhasilan yang terukur dan tenggat waktu.