03/12/2020

Blog Riview

Blog Riview

Sudah Tahu Cara Mengukur Lingkar Kepala Bayi yang Benar? Begini Caranya

Sudah Tahu Cara Mengukur Lingkar Kepala Bayi yang Benar? Begini Caranya

Tak hanya panjang dan berat badan yang menjadi acuan tumbuh kembang si Kecil, ukuran lingkar kepala bayi ternyata juga tak kalah penting untuk selalu dipantau terlebih di dua tahun pertama usianya. Melalui pertumbuhan lingkar kepala, dokter dapat menilai apakah buah hati Anda tumbuh dengan baik tanpa hambatan atau tidak.

Ukuran Lingkar Kepala Bayi Normal

Lingkar kepala bayi yang baru lahir umumnya berukuran 35 cm, dan nantinya akan bertumbuh menjadi 38 cm dalam kurun waktu satu bulan. Bayi laki-laki yang cenderung berukuran lebih besar dari bayi perempuan membuat ukuran kepala mereka juga lebih besar, dengan perbedaan kurang dari 1 cm.

Cara Mengukur Lingkar Kepala Bayi Dengan Benar

Untuk hasil yang lebih akurat, pengukuran lingkar kepala bayi umumnya dilakukan di rumah sakit, Posyandu, Puskesmas, ataupun pusat kesehatan lainnya. Namun jika Anda sulit membuat janji temu dengan dokter guna mendeteksi masalah pertumbuhan pada bayi, Anda dapat mengukur lingkar kepala bayi sendiri di rumah.

  • Menggunakan Pita Pengukur

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan pita pengukur atau pita meteran untuk menjahit. Namun perlu diperhatikan bahwa bahan pembuat pita harus lentur dan tidak elastis, sehingga nantinya dapat memberikan hasil pengukuran yang akurat. Inilah step by step mengukur panjang lingkar kepala bayi dari media pita:

  1. Siapkan pita dan lingkarkan pada bagian paling menonjol di belakang kepala bayi, dengan posisi ujung pita berada di depan dahi.
  2. Pastikan pita tidak menyentuh telinga, sehingga Anda dapat menempatkan pita di atas telinga dengan jarak 1 hingga 2 cm.
  3. Ketika melakukan pengukuran, pastikan sisi pita yang menunjukkan cm berada pada sisi bagian dalam guna mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  4. Pastikan pita telah melingkari kepala dengan pas, tidak terlalu longgar ataupun tidak terlalu kencang.
  5. Setelah mendapatkan angka yang tepat, tuliskan di KMS atau Kartu Menuju Sehat lalu cocokkan dengan grafik Nelhaus.
  • Menggunakan Pemindaian Sinar-X

Meskipun mengukur lingkar kepala bayi menggunakan cara ini jarang dilakukan, namun dokter dapat melakukannya dengan hasil foto dari pemindaian sinar-X. Dokter dapat melihat sefalik indeks serta cranial size (modulus indeks) dari bayi.

Bagaimana Seharusnya Pertumbuhan Kepala Bayi yang Normal?

Tumbuh kembang buah hati Anda belum tentu sama dengan bayi lainnya, karena setiap bayi memiliki tumbuh kembang yang berbeda termasuk lingkar kepala.

Namun pada umumnya, lingkar kepala si Kecil berukuran kurang lebih 2 cm lebih besar dari dadanya hingga nanti ia menginjak usia 6 bulan. Namun tak menutup kemungkinan pertumbuhannya lebih cepat selama 4 bulan pertama.

Setelah ia memasuki usia 6 bulan hingga nanti berusia 2 tahun, ukuran kepala dan dadanya akan sama. Setelah usianya menginjak 2 tahun, tubuhnya akan bertumbuh lebih cepat daripada ukuran kepalanya.

Demikianlah cara mengukur lingkar kepala bayi dengan benar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat.