Sebelum lanjutkan artikel Tata Cara dan Waktu Yang Baik Aqiqah Sesuai Sunnah Rasul, Lengkap Beserta Doanya, Sekedar kami info:

Jika anda berminat mencari Jasa Aqiqah Terpercaya dan Profesional dengan harga murah kunjungi website Jasa Aqiqah Jabodetabek

Saat sebelum kenal Tata Teknik Aqiqah sama sesuai sunnah rasul, kamu pastinya butuh mengetahui asas perihal aqiqah. Hukum aqiqah anak menunjuk pada hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah.

Yang maknanya: “Tiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih di hari ke tujuh, dicukur (rambutnya), dan dinamakan.” (HR. Tirmidzi no. 2735, Abu Dawud no. 2527, Ibnu Majah no. 3165. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam kitab al-Irwa’ no. 1165).

Tergadaikan di kalimat itu, antara masukan banyak ulama merupakan anak yang tak diaqiqahkan lalu wafat, karenanya anak itu tak kan memberinya syafaat buat ke-2  orang tuanya.

Hukum aqiqah anak merupakan sunnah muakkad menurut jumhur ulama. Sedang tata teknik aqiqah telah diperjelas oleh banyak ulama dengan berdasar pada hadis Rasulullah SAW di atas.

Waktu Terunggul Aqiqah

Jadi tata teknik aqiqah sama sesuai sunnah rasul, waktu terunggul untuk menjalankan aqiqah merupakan pada hari ke-7  sehabis kelahiran bayi. Hal demikian telah dijelaskan dengan terang pada hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah awal kalinya.

Selanjutnya, bagaimana tentukan hari ke tujuh untuk menjalankan aqiqah? Dikatakan dalam Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyah seandainya bayi lahir siang hari, karenanya telah termaksud hari mula dari 7 hari. Sedang kalau bayi dilahirkan pada saat malam, tak termaksud dalam perhitungan. Hari mula merupakan hari seterusnya.

Umpamanya, di saat bayi lahir hari Sabtu pagi, karenanya hari itu telah dipandang seperti hari mula dari 7 hari. Maka dari itu orang tuanya dapat lakukan aqiqah di hari Jumat minggu depan. Kebalikannya, kalau bayi lahir Sabtu malam, karenanya hari pertama kalinya merupakan hari Minggu esok paginya. Maka dari itu orang tuanya bisa menjalankan aqiqah di hari Sabtu minggu depan.

Tapi, menurut Mazhab Syafi’i, aqiqah selalu bisa dijalankan sehabis melalui hari ke tujuh kelahiran bayi. Ada sejumlah yang gunakan tata teknik waktu aqiqah pada 14 atau 21 hari sehabis kelahiran bayi. Juga, Mazhab Syafi’i selalu menyarankan aqiqah meski anak itu sudah wafat saat sebelum hari ke tujuh.

Tata Teknik Aqiqah Sama sesuai Sunnah Rasul (Menyembelih Kambing)

Tata teknik aqiqah sama sesuai sunnah rasul untuk anak lelaki dan wanita sesungguhnya sama pula. Bedanya cuman berada dengan jumlah kambing yang dikurbankan untuk aqiqah.

Berikut tata teknik aqiqah sama sesuai sunnah rasul:

Menyembelih Kambing

Tata teknik aqiqah sama sesuai sunnah rasul yang pertama merupakan menyembelih kambing. Jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah tidak serupa di antara anak wanita dan lelaki. Untuk aqiqah anak wanita orang-tua mempersiapkan seekor kambing. Sedang untuk anak lelaki, orang-tua menyembelih dua ekor kambing.

Masalah ini melihat pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud,

Yang maknanya: Dari Ummu Kurz dia bercakap, “Saya dengar Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda ‘Untuk orang anak lelaki merupakan dua ekor kambing dan untuk dapat wanita merupakan satu ekor kambing. Tak kenapa buat kalian apa dia kambing jantan atau betina’.” (HR. Abu Dawud no. 2834-2835).

Kriteria kambing yang disembelih untuk aqiqah sama dengan hewan kurban, adalah kambing yang memiliki kualitas, baik dari sisi type sampai umur. Kambing itu harus bebas dari cacat dan penyakit.

Saat sebelum menyembelih kambing untuk aqiqah, disunnahkan untuk membaca doa berikut ini:

Bismillahi wa billahi, allahumma ‘aqiqatun ‘an fulan bin fulan, lahmuha bilahmihi sang azhmihi, allahummaj’alha wiqaan liali muhammadin ‘alaihi wa alihis salam.

Yang maknanya: “Berikut nama Allah dan dengan Allah, Aqiqah ini dari fulan bin fulan, dagingnya dengan dagingnya, tulangnya dengan tulangnya. Ya Allah, bikin jadi aqiqah ini jadi tandanya kesetiaan terhadap keluarga Muhammad SAW.”

Meski aqiqah sama juga dengan menyembelih kambing, waktu ini sudahlah banyak yang beli masakan kambing yang telah siap dipakai untuk acara aqiqah anak.

Info Lainnya kunjungi jasa layanan aqiqah terpercaya dan profesional

By nasya