26/07/2021

Blog Riview

Blog Riview

Tinjauan Pengelasan Stud

Ketika baut atau mur perlu dilas ke bagian logam yang berbeda, pengelasan stud digunakan; ini adalah bentuk lain dari proses yang dikenal sebagai pengelasan titik. Tukang las spot biasanya secara otomatis memberi makan bolds. Jenis mur las ini memiliki flange dan flange memiliki nub yang lebih kecil yang mampu melelehkan dan membuat las. Pada stud juga terdapat bagian yang tidak berulir dan berleher ke bawah yang juga membantu dalam melelehkan stud.

Pengelasan stud adalah bentuk lain dari pengelasan busur dan menyatukan sepotong logam dan stud. Dalam kebanyakan kasus, ada pelat datar tempat stud disambung dan stud berfungsi sebagai elektroda. Ada polaritas berbeda untuk proses ini yang ditentukan oleh jenis logam yang akan Anda gunakan. Baja yang berbeda yang Anda gunakan akan membutuhkan jenis arus yang berbeda.

Cara ini dilakukan adalah melalui pistol las di mana Anda menempatkan stud pada logam dan kemudian busur dibuat dan melelehkan stud dan bagian dari area di mana logam berada. Stud didorong ke dalam kolam logam cair dan tetap di tempatnya sampai kedua bahan padat kembali. Ini terjadi dalam milidetik dan membuat sambungan las yang sangat kuat.

Ini bisa menjadi proses portabel dengan bantuan mesin las stud portabel. Ini adalah jenis pengelasan yang sangat fleksibel dan dapat digunakan di mobil untuk mengerjakan bodi, dapat digunakan untuk mengelas panel listrik dan dalam konstruksi kapal atau bangunan.

Ada satu jenis las stud yang berbeda dari jenis biasa karena tidak membutuhkan fluks untuk membuatnya bekerja. Jenis ini disebut las pejantan pelepasan kapasitor. Karena jenis ini tidak perlu memiliki panas yang terkonsentrasi, itu memungkinkan pengelasan terjadi dengan cepat dan di sana ia telah menghilangkan sebagian besar oksidasi.

Pengelasan stud pelepasan kapasitor paling sering digunakan ketika Anda memiliki diameter kecil yang perlu diikat ke logam dasar yang lebih tipis. Pengelasan arch stud biasanya digunakan untuk diameter yang lebih besar yang perlu diikat ke jasa las Jogja yang memiliki dasar lebih tebal atau yang teksturnya lebih kasar.

Ada banyak keuntungan menggunakan las stud dan beberapa di antaranya adalah untuk penampilan. Dengan pengelasan stud Anda dapat menghasilkan tampilan yang seragam karena energi yang digunakan untuk membuat las dipantau dan dikontrol dengan cermat sehingga jumlah energi yang digunakan konsisten. Ini membuat lasan kuat dan konsisten.

Anda juga dapat menggunakan pengelasan stud dengan berbagai baja termasuk aluminium, stainless steel, tembaga, kuningan dan bahkan seng. Beberapa baja yang lebih eksotis juga dapat digunakan dalam proses ini. Proses ini juga menghilangkan kebutuhan untuk melakukan sesuatu yang ekstra pada lubang seperti pengeboran atau penyadapan dan permukaan logam tidak perlu disentuh dengan pemolesan; metode ini melakukan semuanya. Ini membuat koneksi yang sangat kuat.