Tips Interview Menjawab Pertanyaan Motivasi Kerja

 

Motivasi kerja sangat umum ditanyakan oleh recruiter saat interview berlangsung. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang mendorong kandidat bersemangat dalam bekerja dan mencapai goals. Agar dapat menjawabnya dengan baik, cobalah untuk mempelajari beberapa tips interview.

Tips Interview Menjawab Pertanyaan Motivasi Kerja

Walaupun sangat sering ditanyakan dalam interview, masih banyak kandidat yang terjebak dan malah memberikan jawaban tidak relevan. Sehingga peluang diterima kerjanya menjadi berkurang. Simaklah tips interview berikut ini agar dapat menjawab pertanyaan tentang motivasi kerja.

1.     Jujur

Tips Interview dalam menjawab pertanyaan motivasi kerja yang pertama adalah jujur. Dorongan yang membuat seseorang bersemangat dalam bekerja muncul dari dalam diri. Sehingga untuk menjawabnya diperlukan upaya mengenali diri akan apa yang menjadi penyemangat melakukan sesuatu hal.

2.     Jangan Fokus pada Diri Sendiri

Adanya interview memang untuk membuat recruiter mengenali kandidat dengan lebih dalam. Namun jangan terlalu membicarakan diri sendiri. Cobalah untuk menyebutkan kontribusi apa saja yang bisa diberikan bila nanti diterima bekerja di perusahaan tersebut.

3.     Memilih Jawaban Spesifik

Perlu kandidat ketahui jika dapat menjawab semakin spesifik motivasi kerja yang dimiliki dalam bekerja, maka peluang yang untuk diterima di perusahaan tersebut semakin besar. Apalagi jika pelamar bermotivasi membangun, tentu dapat membuatnya terlihat unggul dibanding calon karyawan lainnya.

4.     Menghubungkan Jawaban dengan Posisi yang Dilamar

Recruiter ingin mengetahui apa yang menjadi dorongan dalam bekerja. Sebaiknya hubungkan jawaban dengan posisi yang dilamar. Dengan begitu pewawancara dapat dengan jelas memahami bagaimana seorang kandidat termotivasi dalam melakukan pekerjaannya.

5.     Berikan Contoh Kasus dan Hasilnya

Menjawab pertanyaan mengenai motivasi kerja dapat dilakukan dengan memberikan contoh kasus dimana dorongan semangat yang dimiliki pelamar dapat memberikan dampak dalam kinerja di kantor.

6.     Percaya Diri

Setelah mengetahui dan mempelajari beberapa tips dalam menjawab pertanyaan motivasi kerja dari recruiter tentu akan membuat kandidat tidak terlalu cemas karena sudah belajar. Oleh karena itu, cobalah untuk menjawabnya dengan jujur dan percaya diri.

Demikianlah beberapa tips interview bagaimana menjawab pertanyaan recruiter saat ditanya mengenai motivasi kerja. Ingatlah untuk merespon dengan jujur dan antusias. Hindari jawaban termotivasi oleh gaji karena ada waktunya sendiri untuk membahasnya.

By roket