Memiliki keuangan yang sehat tidak hanya ditujukan bagi mereka yang sudah berumah tangga atau memiliki tanggungan. Padahal, memiliki keuangan yang sehat juga diharuskan bagi anak muda-mudi, khususnya generasi milenial.

Tak perlu khawatir jika saat ini kamu belum bisa mengatur hal tersebut. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips mengelola keuangan untuk generasi milenial dengan benar. Simak artikel ini sampai akhir ya!

Tips Mengelola keuangan Generasi Milenial

Memiliki Tujuan Keuangan

Siapa bilang anak muda tidak perlu memikirkan masa depan secara serius. Malah, kamu sebagai anak muda harus memiliki tujuan keuangan sejak dini. Misalnya, memiliki tabungan 10 juta saat berusia 22 tahun. Sebenarnya, hal tersebut tidak wajib tapi alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan.

Memiliki tujuan keuangan tak harus memiliki tabungan sekian, kamu harus hidup hemat dan tidak konsumtif sehingga memiliki sisa uang untuk tabungan termasuk tujuan. Tidak masalah tabung dengan nominal yang kecil asalkan konsisten.

Mulai Investasi

Sejak masa pandemi banyak anak muda yang terjun ke dalam dunia investasi. Jadi, mulai saat ini kamu bisa mulai menabung dan belajar tentang investasi. Jika kamu ingin belajar investasi dan memulai investasi, Anda bisa mengakses Financer.com.

Di Financer.com, Anda bisa membandingkan, membaca review, dan memilih produk investasi sesuai kebutuhan Anda.  Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menabung tak perlu dengan nominal yang besar.

Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Anak muda harus banget nih bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai kalian menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Apalagi sampai berhutang demi hidup konsumtif.

Sebagai contoh, kamu menginginkan baju baru, sedangkan baju yang lain masih banyak dan bagus. Sebaiknya kamu tahan hal tersebut karena hanya bersifat keinginan bukan kebutuhan. Kecuali Anda menginginkan laptop untuk keperluan sekolah atau kuliah.

Jangan lupa untuk selalu cek review terkait produk yang akan dibeli agar tidak mengecewakan. Silahkan manfaatkan layanan Duniapedia.com karena disana tersedia banyak review tentang berbagai produk secara lengkap.

Jangan lupa juga menggunakan kupon promo ketika berbelanja agar mendapatkan potongan harga. Nah, kamu bisa mendapatkan kupon promo dan diskon gratis di website Kuponq.com loh

Jangan Berhutang Jika Tidak Butuh

Tips mengelola keuangan untuk generasi milenial selanjutnya adalah jangan terbiasa berhutang jika tidak butuh. Tanpa kamu sadari bahwa hutang itu sangat berbahaya, apalagi jika kamu tidak memiliki jaminan untuk membayarnya. Alhasil akan menyebabkan bunga yang terus membengkak.

Saat ini teknologi semakin canggih dan muncullah layanan pinjol, sehingga pengajuan kredit jadi lebih mudah. Namun, jangan sampai kamu memanfaatkan kemudahan tersebut untuk hal yang tidak terlalu penting. Apalagi hanya untuk sekedar mengikuti tren.

Membuat Rancangan Keuangan dan Laporan Keuangan

Membuat rancangan keuangan untuk per minggu hingga 1 bulan juga tak kalah penting. Hal tersebut agar bisa mengalokasikan dana sesuai tempatnya. Misalnya, pemasukan kamu 1 juta selama 1 bulan. Nah, kamu bisa alokasikan dana tersebut sesuai kebutuhan dan sisanya bisa ditabung.

Sedangkan untuk laporan keuangan bertujuan agar kamu bisa melakukan evaluasi pada pengeluaran sebelumnya. Tak hanya itu, laporan keuangan juga bisa membuat Anda paham, pengeluaran mana yang harus ditambah atau dikurangi.

Demikianlah tips mengelola keuangan untuk generasi milenial dengan benar. Semoga bermanfaat!