22/06/2021

Blog Riview

Blog Riview

Tips untuk mendapatkan kualitas suara terbaik di mobil Anda

speaker mobil

Mobil bisa menjadi tempat yang bagus untuk menikmati musik, tetapi banyak komuter masih tahan dengan kualitas suara marjinal yang tidak pernah mereka toleransi di rumah.

Yang lain merakit sistem suara canggih untuk mobil mereka, kemudian membuat kesalahan umum dalam pemasangan yang membuat sistem tidak mencapai potensi maksimalnya.

Sistem suara mobil terbaik mengandalkan perlengkapan yang layak dan sedikit pengetahuan. Saya telah mengumpulkan beberapa saran tentang cara meningkatkan suara di kendaraan Anda, dengan tip untuk sistem pabrik sederhana dan penyiapan yang lebih canggih.

Anda tidak harus hidup dengan suara yang buruk di dalam mobil Anda. Bahkan perbaikan paling sederhana untuk instalasi sound system mobil Anda dapat memberikan hasil yang nyata.

Tip # 1: Ganti speaker mobil Anda

Dalam kebanyakan kasus, pengeras suara hanyalah tentang hal terakhir yang dipikirkan pabrikan saat merancang dan membangun mobil Anda. Sistem audio pabrik menjadi lebih baik selama beberapa tahun terakhir, tetapi banyak yang disebut sistem “premium” masih menggunakan amplifier dan speaker yang relatif murah yang tidak menghasilkan suara terbaik.

Anda dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas suara sistem Anda dengan memasang satu set speaker aftermarket yang bagus . Anda akan mendengar bass yang lebih kencang dan kejernihan yang lebih menyeluruh, dan kemungkinan besar Anda akan melihat detail yang belum pernah Anda dengar sebelumnya dalam lagu yang Anda kenal selama bertahun-tahun.

Untuk ganti speaker ini anda tidak harus ke Dealer Daihatsu Fatmawati, tapi cukup ke bengkel khusus aksesoris mobil. Disana biasanya banyak sekali pilihan speaker berkualitas.

Speaker pengganti memberikan hasil maksimal untuk uang Anda, jadi ini adalah langkah pertama yang hebat dalam perjalanan menuju suara yang lebih baik. Dan jika Anda ingin mengetahui speaker mobil terbaik untuk bass, lihat tip # 5.

Tip # 2: Pilih kualitas yang lebih tinggi untuk file musik Anda

Ya, Anda dapat menyimpan lebih banyak file musik di pemutar musik Anda jika Anda menggunakan kompresi yang lebih besar, dan mereka akan terdengar oke saat Anda mendengarkan melalui earbud.

Tetapi Anda kehilangan beberapa informasi frekuensi tinggi dan rendah saat Anda mengompres musik Anda, bersama dengan beberapa detail yang membuat musik Anda menarik. Dan, pada sistem audio mobil yang bagus, Anda benar-benar dapat mengetahui bahwa ada sesuatu yang hilang.

Jangan puas dengan pengaturan default saat membuat file Anda. Jika Anda ingin menggunakan iPod, ponsel cerdas, atau pemutar MP3 di mobil Anda, coba gunakan sesedikit mungkin kompresi.

Semakin tinggi bit rate, semakin baik musik Anda akan terdengar melalui sistem mobil Anda. Dan jika Anda mengalirkan musik, jelajahi pengaturan di aplikasi musik favorit Anda untuk meningkatkan kualitas audio Anda. Anda juga dapat menggunakan layanan musik yang streaming dalam resolusi yang lebih tinggi, seperti TIDAL.

Tip # 3: Lewati konverter digital-ke-analog bawaan pemutar musik Anda

Konverter digital-ke-analog, atau DAC, bertugas mengubah informasi digital – 0 dan 1 – menjadi sinyal musik analog. Dalam kebanyakan kasus, pemutar musik Anda mungkin adalah ponsel cerdas Anda.

DAC bawaannya biasanya melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk mendengarkan santai dengan earbud, tetapi tidak memberikan tingkat kinerja yang sama seperti yang Anda dapatkan dari DAC yang lebih canggih yang ditemukan di banyak stereo mobil yang lebih baik saat ini.

Untungnya, jika Anda dapat menghubungkan iPod atau ponsel Anda ke stereo aftermarket Anda melalui kabel USB, Anda mungkin dapat melewati DAC perangkat Anda. Itu tergantung pada stereo individu, jadi pastikan untuk memeriksa info stereo di tab “Detail” di situs web Crutchfield untuk konfirmasi.

Tip # 4: Gunakan bahan peredam suara

Dengan mengurangi getaran dan kebisingan jalan, Dynamat, Hushmat, dan produk peredam suara lainnya melakukan dua hal untuk membuat sistem Anda terdengar lebih baik.

Pertama, panel pintu bukanlah tempat terbaik untuk speaker – logam tipis bergetar saat musik Anda diputar, yang memengaruhi keakuratan suara. Saat Anda memasang produk ini ke panel pintu, getaran tersebut akan mematikan dan menciptakan platform yang lebih stabil untuk speaker Anda, lebih seperti penyekat kayu pada speaker rumah.

Kedua, pernahkah Anda memperhatikan bagaimana sistem Anda terdengar sangat bagus pada kecepatan 25 mph, tetapi menjadi sedikit keras ketika Anda mencapai 60?

Kebisingan jalan cenderung menutupi frekuensi yang lebih rendah terlebih dahulu, sehingga sistem Anda terdengar terlalu terang saat Anda memutarnya dengan kecepatan jalan raya. Bahan peredam suara menurunkan tingkat kebisingan interior di mobil Anda, jadi Anda tidak perlu mengeraskan musik saat mengemudi. Anda akan mendengar lebih banyak detail musik, dan ampli Anda tidak perlu bekerja terlalu keras. Dan itu semua bgus.

Selain di Daihatsu Fatmawati, anda juga bisa menemukan Daihatsu Depok di daerah yang tidak terlalu jauh.