20/04/2021

Blog Riview

Blog Riview

UMKM Seperti Apa Yang Bisa Bergabung di PADI UMKM?

PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM menjadi daya tarik bagi banyak pelaku usaha UMKM seperti ini. Mereka berharap banyak dari kemunculan platform yang diusung oleh Kementerian BUMN ini.

Dengan hadirnya PaDi UMKM, UMKM bisa merasakan melakukan transaksi belanja barang dan jasa yang dilakukan oleh BUMN kepada UMKM.

Transaksi ini jelas akan dilakukan secara online dan seluruh pembayaran dilakukan dengan cara non-tunai. Jadi semua proses pembayaran bisa dilihat secara transparan.

Belum lagi, platform ini juga membuat sinergi antar instansi pemerintah semakin kuat. Sebut saja ada Kementerian BUMN yang bisa memantau belanja BUMN kepada UMKM. Kementerian UMKM yang bisa melihat profil data UMKM secara lengkap. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah yang juga turut serta membantu merumuskan dan melaksanakan kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Mungkin banyak pelaku usaha yang bertanya kira-kira usaha mereka bisa bergabung dengan PaDi UMKM atau tidak. Tentu yang bergabung dengan PaDi UMKM merupakan unit usaha yang sudah terdaftar sebagai UMKM dan mempunyai dokumen lengkap terkait usahanya.

Kami rasa banyak juga yang belum tahu bagaimana caranya mendaftarkan usahanya sebagai UMKM. Berikut yang perlu dilakukan untuk mendapatkan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) secara online:

  1. Surat pengantar dari RT dan RW yang terkait dengan lokasi usaha.
  2. Fotokopi KTP penanggung jawab usaha.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga penanggung jawab usaha.
  4. Pas foto berwarna berukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
  5. Formulir IUMK yang telah diisi, meliputi nama, nomor KTP, nomor telepon, alamat, kegiatan usaha, sarana usaha dan jumlah modal usaha. Bisa dilakukan dengan cara online di https://www.oss.go.id/oss/
  6. Pelaku usaha harus memiliki alamat email yang aktif dan password yang mudah diingat.

Setelah mendaftar UMKM, kalian juga bisa bergabung dengan PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM.  Anda bisa melihat tata cara daftar penjual PaDi UMKM B2B secara lengkap di sini atau Anda bisa melakukan registrasi dengan cara berikut ini:

  1. Klik “Daftar” di pojok kanan atas halaman utama PaDi UMKM B2B.
  2. Isi kelengkapan data pada step 1 ( Nama Perusahaan, NPWP, SIUP, TDB, NIB, Jenis Kegiatan Usaha dan BUMN Pengampu), kemudian klik “BERIKUTNYA”. Pada bagian kolom BUMN Pengampu dan Organisasi/Himpunan, silahkan diisi sesuai dengan BUMN/Organisasi pengampu perusahaan Anda. Bagi UMKM di bawah naungan BUMN, silahkan diisi sesuai dengan BUMN pengampu. Bagi yang berada di bawah naungan organisasi, silahkan diisi sesuai organisasi pengampu.
  3. Pada step 2, isi alamat perusahaan dan informasi pembayaran, kemudian klik “BERIKUTNYA”. (Gunakan nomor rekening perusahaan, atau jika tidak ada, gunakan nomor rekening direktur utama atau pemilik perusahaan Anda).
  4. Di step 3, masukan data Person in Charge (PIC) perusahaan. Kemudian klik “BERIKUTNYA”. (Pastikan nomor ponsel dan email yang diisi sudah benar dan aktif).
  5. Pada step 4, upload kelengkapan dokumen dengan format JPG atau PNG dengan size maksimal 1MB. Kemudian klik “DAFTAR”. Setelah itu, maka toko yang didaftarkan akan masuk ke verifikasi tim PaDi UMKM. Apabila sudah diverifikasi, maka Anda akan mendapatkan email (email yang sudah didaftarkan) untuk melakukan aktivasi serta pembuatan password.
  6. Setelah mengirimkan permohonan registrasi, mohon tunggu paling lambat 3 hari kerja untuk proses review dan verifikasi. Jika belum lolos verifikasi, silahkan mendaftar kembali dan pastikan untuk melengkapi semua informasi, syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan email notifikasi untuk aktivasi akun.
  7. Segera aktivasi akun Anda, buat password baru dan Anda telah bergabung dengan PaDi UMKM B2B.