Internet of Things (IoT) merupakan gambaran objek fisik (atau kelompok objek tersebut) yang tertanam dengan sensor, kemampuan pemrosesan, perangkat lunak, dan teknologi lain yang menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat dan sistem lain melalui Internet atau jaringan komunikasi lainnya. Hasil konvergensi  dari beberapa teknologi, seperti sistem tertanam yang semakin poppoler, komputasi terjadi dimana-mana, sensor komoditas, dan pembelajaran berbasis mesin sehingga membuat terciptanya bidang IOT ini. IOT secara independen memungkinkan terciptanya bidang sistem tertanam, otomatisasi rumah, otomasi bangunan, jaringan sensor nirkabel, dan sistem kontrol. Konsep rumah pintar  hal yang identik yang menjadi  pasar konsumen, dengan teknologi IoT yang identik seperti perangkat dan peralatan (seperti perlengkapan pencahayaan, termostat, sistem keamanan rumah dan kamera, dan peralatan rumah tangga lainnya) yang mendukung satu atau lebih ekosistem umum, dan dapat dikontrol melalui perangkat yang terkait dengan ekosistem itu, seperti smartphone dan speaker pintar. Sejumlah kekhawatiran muncul karena adanya risiko perihal pertumbuhan teknologi yang pesat dari produk IoT yang dapat digunakan pada sistem kesehatan  seperti perawatan, keamanan, pada bidang privasi. Mengakibatkan langkah industri dan pemerintah untuk mengatasi masalah ini telah dimulai, termasuk pengembangan standar internasional dan lokal, pedoman, dan kerangka peraturan.

Sejarah Konsep Perangkat Pintar

Konsep utama dari jaringan perangkat pintar dibahas pada awal 1982, dengan mesin penjual otomatis Coca-Cola yang dimodifikasi di Carnegie Mellon University menjadi alat yang terhubung dengan ARPANET pertama, dapat melaporkan inventarisnya dan apakah minuman yang baru dimuat dingin atau tidak. Makalah Mark Weiser tahun 1991 tentang komputasi di mana-mana, Komputer di Abad ke-21, Serta tempat akademik seperti UbiComp dan PerCom menghasilkan visi kontemporer dari IoT. Reza Raji Pada tahun 1994 menggambarkan  sebuah konsep dalam Spectrum IEEE untuk paket kecil data untuk ke besar node, sehingga dapat mengintegrasikan dan mengotomatisasi segala sesuatu dari peralatan rumah tangga ke seluruh pabrik. Beberapa perusahaan pada tahun 1993 dan 1997 mengusulkan solusi penempatan Microsoft pada Tempat Kerja / Novell’s NEST. Momentum yang didapatkan pada bidang ini ketika Bill Joy membayangkan komunikasi dari perangkat-ke sebuah perangkat sebagai bagian dari kerangka kerja “Six Webs”, yang dipresentasikan di Forum Ekonomi Dunia di Davos pada tahun 1999.

Baca Juga : Cara Sederhana dalam Membuat Sistem Keamanan Pintu Rumah kita

Pidato yang dilakukan oleh Peter T. Lewis, di Foundation 15th Annual Legislative Weekend pada Congressional Black Caucus Washington, D.C mencetuskan Konsep Internet of Things yang selanjutnya diterbitkan pada bulan September 1985. Internet of Things, merupakan proses dari teknologi dengan sensor pada perangkat yang dapat dihubungkan sehingga memungkinkan pemantauan jarak jauh, manipulasi, status, dan evaluasi tren perangkat saat ini atau dengan istilah Internet of things. Secara independen hal ini diciptakan oleh Kevin Ashton dari Procter &Gamble, kemudian pada tahun 1999 MIT Auto-ID Center, meskipun ia lebih suka frase “Internet untuk hal-hal”.Melihat dari identifikasi frekuensi radio (RFID) pada saat itu  membuatnya penting untuk Internet of things, yang memungkinkan komputer untuk mengelola semua hal individu.

Tema utama dari Internet of things adalah untuk menanamkan transceiver mobile jarak pendek di berbagai gadget dan kebutuhan sehari-hari untuk memungkinkan bentuk-bentuk baru komunikasi antara orang dan hal-hal, dan antara hal-hal itu sendiri. Internet of things di definisikan sebagai  titik waktu ketika banyak  objek atau hal yang akan terhubung ke Internet dari pada manusia. Tahun 2008 dan 2009 lahirlah Cisco Systems untuk memperkirakan bahwa IoT lahir diantara tahun 2003 dan meningkat pada tahun 2010.  Semakin banyak perangkat IoT dibuat untuk penggunaan konsumen, termasuk kendaraan yang terhubung, otomatisasi rumah, teknologi yang dapat dikenakan, kesehatan terhubung, dan peralatan dengan kemampuan pemantauan jarak jauh. Berikut beberapa contoh hsil penerapan IOT.

Rumah Pintar Hasil dari Pemanfaatan IOT

Konsep dari Perangkat IoT merupakan bagian dari otomatisasi rumah yang lebih besar, yang dapat mencakup pencahayaan, pemanas dan pendingin udara, media dan sistem keamanan dan sistem kamera. Penghematan energi  Jangka panjang memanfaatkan hal yang mencakup dengan secara otomatis memastikan lampu dan elektronik dimatikan atau dengan membuat penduduk di rumah sadar akan penggunaan. Platform atau hub dapat mengontrol perangkat dan peralatan rumah pintar dan rumah otomatis. Contohnya,  produk HomeKit Apple dapat dimiliki oleh produsen , sehingga aksesori rumah mereka dapat dikendalikan oleh aplikasi pada perangkat iOS, contohnya iPhone dan Apple Watch. Aplikasi khusus atau aplikasi asli iOS bisa menjadi aplikasi Siri. Hal ini dapat ditunjukkan dalam kasus Lenovo Smart Home Essentials, yang merupakan garis perangkat rumah pintar yang dikendalikan melalui aplikasi Home Apple atau Siri tanpa perlu jembatan Wi-Fi. Terdapat hub rumah pintar yang menawarkan platform mandiri yang menghubungkan produk rumah pintar contohnya Samsung SmartThings Hub, Google Home, Amazon Echo, Apple HomePod. Selain sistem komersial, ada banyak ekosistem open source non-proprietary; Termasuk Asisten Rumah Tangga, OpenHAB dan Domoticz.

Perawatan Lansia Hasil dari Pemanfaatan IOT

Salah satu aplikasi utama dari rumah pintar adalah untuk memberikan bantuan bagi mereka yang cacat dan individu lanjut usia. Sistem rumah ini menggunakan teknologi bantu untuk mengakomodasi cacat spesifik pemilik. pengguna dengan keterbatasan penglihatan dan mobilitas dapat menggunakan Kontrol suara. Sementara tuna rungu dapat menggunakan sistem peringatan dapat dihubungkan langsung ke implan koklea. Mereka juga dapat dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan. Fitur-fitur ini dapat mencakup sensor yang memantau keadaan darurat medis seperti jatuh atau kejang. Kebebasan dan kualitas hidup yang lebih tinggi merupakan tujuan dalam penerapan teknologi rumah pintar dan cara ini dapat memberi pengguna lebih banyak. Perangkat yang digunakan dalam pengaturan bisnis dan perusahaan akan mengacu pada Enterprise IoT. 9,1 miliar perangkat diperkirakan mencapai ke EioT.

Baca Juga : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

Aplikasi organisasi yaitu Medis dan kesehatan hasil dari pemanfaatan IOT

Internet of Medical Things (IoMT) adalah aplikasi IoT untuk tujuan medis dan kesehatan, pengumpulan dan analisis data untuk penelitian, dan pemantauan. IoMT telah direferensikan sebagai “Smart Healthcare”, sebagai teknologi untuk menciptakan sistem perawatan kesehatan digital, menghubungkan sumber daya medis dan layanan kesehatan yang tersedia. Perangkat IoT dapat digunakan untuk memungkinkan pemantauan kesehatan jarak jauh dan sistem pemberitahuan darurat. Perangkat pemantauan kesehatan ini dapat berkisar dari tekanan darah dan monitor detak jantung hingga perangkat canggih yang mampu memantau implan khusus, seperti alat pacu jantung, gelang elektronik Fitbit, atau alat bantu dengar tingkat lanjut. Beberapa rumah sakit telah mulai menerapkan “tempat tidur pintar” yang dapat mendeteksi ketika mereka sibuk dan ketika seorang pasien mencoba bangun.

By skyweb