Berbuat baik dan beramal soleh terutama kepada anak yatim dan mereka yang membutuhkan pada bulan Ramadhan seperti sekarang bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

 

Dalam Syariat  sendiri, anak yatim memiliki kedudukan yang sangat besar. Mereka yang melakukan zakat, merawat, dan berbuat baik kepada anak yatim akan diangkat derajatnya.

 

Menurut Hadits HR al-Bukhari: Di surga orang-orang itu bisa dekat dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam layaknya kedekatan jari telunjuk dan jari tengah.

 

Apakah Anak Yatim Berhak Mendapatkan Zakat?

 

Pada surat Al-Baqarah, ayat 215, Allah Swt berfirman:

 

“Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.”

 

Jadi pada surat diatas bisa disimpulkan bahwa jika kita memberikan zakat fitrah kepada anak anak yatim hukumnya diperbolehkan, namun dengan ketentuan apabila kebutuhan dasar anak tersebut belum terpenuhi atau tidak ada orang yang menanggung hidupnya secara penuh serta tidak memiliki harta untuk memenuhi semua kebutuhannya.

 

Dimana saya Bisa Melakukan Zakat Yatim dan Mereka yang Membutuhkan?

 

Akan lebih baik jika Anda melakukan menunaikan ibadah zakat yatim pada lingkungan terdekat Anda terlebih dahulu. Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan karena di lingkungan sekitar Anda berkecukupan, Anda bisa memberikan zakat kepada pengurus anak yatim yang kekurangan.

 

Nantinya, zakat Anda sah apabila pengurus atau badan penerima zakat ini adalah mereka yang amanah dan menyalurkan zakat kepada anak yatim atau mereka yang membutuhkan bantuan atau donasi Anda.

 

Jadi hal terpenting sebelum Anda memutuskan untuk menyalurkan zakat Anda, pastikan Anda memilih tempat penyaluran zakat yang amanah, transparan, dan sesuai dengan syariat yang berlaku.

 

Jika Anda bingung untuk menyalurkan atau menunaikan zakat, Anda bisa dengan mudah melakukan donasi dan zakat melalui LAZNAS PYI Yatim dan Zakat.

 

Laznas PYI Yatim & Zakat adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan SK Kemenag RI No.120 Tahun 2019.

 

Kami bertekad menjadi lembaga pengelola dana ZISWAF yang berkhidmat menangani anak yatim/piatu dan terlantar serta memberdayakan kaum dhuafa.

 

Tunaikan zakat Anda sekarang juga dan raih pahala sebesar-besarnya dengan menunaikan zakat sekarang juga melalui https://pantiyatim.or.id/